07 July 2008

LOWONGAN PNS DI DEPKEU

LOWONGAN PNS DI DEPKEU

http://www.ppns. depkeu.go. id/Welcome. asp
Bergabung Bersama Kami Membangun Bangsa "Departemen Keuangan menawarkan 2.630 posisi bagi para sarjana Indonesia untuk menjadi calon pejabat di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar pada 1.063 kantor di seluruh Indonesia."

Departemen Keuangan adalah salah satu departemen yang mempunyai fungsi strategis, karena hampir seluruh aspek perekonomian negara berhubungan dengan kebijakan Departemen Keuangan, antara lain perencanaan, penyusunan, serta pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain itu, terdapat pula kebijakan perpajakan; kepabeanan dan cukai; dan penerimaan negara bukan pajak. Termasuk pula kebijakan di bidang penyusunan dan alokasi anggaran; perbendaharaan negara; pengelolaan kekayaan negara; perimbangan keuangan pusat dan daerah; pengelolaan utang; serta pasar modal dan lembaga keuangan non-bank.
Departemen Keuangan memiliki kantor yang tersebar di seluruh Indonesia , yang memberikan layanan langsung kepada masyarakat, dengan jumlah pegawai mencapai 63 ribu orang. Oleh karena itu, menjadi wajar bila publik menuntut profesionalisme birokrasi Departemen Keuangan yang mampu menghasilkan kebijakan yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik kepada publik.
Untuk memenuhi tuntutan tersebut Departemen Keuangan melaksanakan Reformasi Birokrasi yang bertujuan untuk (i) menciptakan aparatur negara yang bersih, profesional, dan bertanggung jawab, serta (ii) menciptakan birokrasi yang efisien dan efektif sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang prima.

Proses Reformasi Birokrasi yang saat ini tengah berjalan membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, kompeten, bebas dari segala bentuk korupsi, dan penyalahgunaan jabatan serta memiliki keinginan untuk senantiasa memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, mampu memenuhi rasa keadilan masyarakat, dan mendahulukan kepentingan rakyat.
Apabila anda, putera-puteri terbaik Indonesia, berminat serta mempunyai kemampuan, integritas, dan komitmen kuat untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, sekaligus berkeinginan berperan dalam proses transformasi bangsa menuju masyarakat adil, makmur, dan berperadaban tinggi, kami memberikan kesempatan untuk bergabung bersama di Departemen Keuangan.
Departemen Keuangan menawarkan 2.630 posisi bagi para sarjana Indonesia untuk menjadi calon pejabat di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar pada 1.063 kantor di seluruh Indonesia .

Selamat Bergabung.
Sekretaris Jenderal
Mulia P Nasution
NIP 060046519

Syarat Pendaftaran

Persyaratan Umum:
1. Warga Negara Indonesia ;
2. Berusia minimal 18 tahun pada tanggal 30 Juni 2008;
3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan
Pengadilan, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI atau pegawai swasta;
5. Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS;
6. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian, dan keterampilan yang
diperlukan;
7. Berkelakuan baik;
8. Sehat jasmani dan rohani;
9. Bersedia bekerja pada instansi-instansi dalam lingkungan Departemen
Keuangan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia .

Persyaratan Khusus:
1. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3.00 dalam skala 4 bagi lulusan Sarjana (S1) dan 3.25 dalam skala 4 bagi lulusan Pasca Sarjana (S2);
2. Umur pada tanggal 30 Juni 2008, tidak lebih dari 27 tahun bagi pelamar
lulusan S1 non Akuntan beregister (batas tanggal lahir 30 Juni 1981 dan
setelahnya), dan 30 tahun bagi pelamar lulusan S1 Akuntan beregister dan S2 (batas tanggal lahir 30 Juni 1978 dan setelahnya).

PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN
PENYARINGAN/ PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN 2008
MELALUI APLIKASI INTERNET (ONLINE)

I. Petunjuk Umum

Bacalah terlebih dahulu persyaratan umum pendaftaran sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagaimana tersebut pada menu persyaratan;

II. Petunjuk Pengisian Formulir

1. Pilih menu pengisian formulir. Bacalah terlebih dahulu persetujuan pendaftaran secara seksama, apabila Anda menyetujui maka pilih pada option "Saya Setuju" kemudian pilih tombol "Lanjut", setelah itu akan muncul form pendaftaran;

2. Isi semua kolom isian dalam form tersebut sesuai dengan data Anda.

Adapun form pendaftaran dimaksud adalah sebagai berikut:
a. Nama Lengkap
Isikan nama lengkap Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk
melamar.
b. Tempat Lahir
Isikan tempat lahir Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk
melamar.
c. Tanggal Lahir
Isikan tanggal lahir Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk
melamar.
o Usia pelamar minimal 18 tahun;
o Untuk lulusan S1 usia maksimal adalah 27 tahun;
o Untuk lulusan S1 akuntan (beregister) usia maksimal adalah 30 tahun;
o Untuk lulusan S2 usia maksimal adalah 30 tahun;
o Batas usia dihitung per tanggal 30 Juni 2008.
d. Jenis Kelamin
Silakan pilih pada salah satu option "Laki-Laki" atau "Perempuan" sesuai
dengan KTP.
e. Tingkat Pendidikan
Pilih tingkat pendidikan sesuai dengan dengan ijazah yang Anda gunakan
untuk melamar.
f. Kualifikasi Pendidikan
Pilih salah satu kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan ijazah yang Anda
gunakan untuk melamar.
g. IPK (Skala 4)
Silahkan cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyarakan adalah sebagai berikut:
o IPK minimal bagi lulusan S1 untuk semua jurusan adalah 3.00;
o IPK minimal bagi lulusan S2 untuk semua bidang studi adalah 3.25.
h. Nomor Ijazah
Isikan nomor ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk
melamar.
i. Tanggal Ijazah
Isikan tanggal ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
j. Nama Perguruan Tinggi
Isikan Nama Perguruan Tinggi Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
k. Pilihan Unit Kerja
Silahkan memilih Unit Kerja yang Anda kehendaki.
l. Tempat Daftar Ulang dan Tes Yang Diinginkan
Pilih salah satu tempat pendaftaran ulang dan tes yang Anda kehendaki.
m. Nomor KTP
Isikan nomor KTP Anda yang masih berlaku.
n. Tanggal Berlaku KTP
Cantumkan tanggal masa berlaku KTP Anda yang masih berlaku.
o. Kode Pengamanan
Isikan kode pengaman sebagaimana tersebut pada gambar diatas dengan tepat.

3. Setelah selesai mengisi formulir:
o Periksa dan pastikan terlebih dahulu apakah isian dimaksud sudah benar;
o Apabila isian dimaksud sudah dianggap benar silahkan pilih "simpan" untuk selanjutnya melakukan pencetakan/download formulir;
o Apabila isian dimaksud dianggap masih ada kesalahan, silahkan perbaiki
isian sesuai dengan data yang benar.

4. Untuk mencetak hasil pengisian formulir pendaftaran tersebut silahkan
pilih tombol cetak formulir, dan tombol download untuk mendapatkan file pdf
atas hasil pengisian pendaftaran Anda;

5. Nomor registrasi yang Anda peroleh setelah pengisian formulir pendaftaran secara benar merupakan identitas pendaftaran yang akan digunakan pada saat pendaftaran ulang, oleh sebab itu harap diingat dan disimpan dengan baik;

6. Apabila pada saat pendaftaran ulang Anda tidak bisa menunjukkan nomor
identitas registrasi dengan benar sesuai database kami, maka pendaftaran
Anda dianggap tidak sah/batal;

7. Setiap nama yang telah terdaftar hanya memiliki satu nomor identitas
registrasi. Setiap identitas nomor registrasi yang dianggap benar dan sah
adalah nomor identitas registrasi yang terekam dalam database kami.

III. Petunjuk Pendaftaran Ulang

1. Pelamar dapat melihat pengumuman tempat dan waktu daftar ulang pada
tanggal 11 Juli 2008 pada website ini;

2. Pelamar melaksanakan pendaftaran ulang sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan;

3. Pada saat pendaftaran ulang, pelamar harus membawa:
. Formulir Pendaftaran yang telah dicetak dan ditandatangani serta dibubuhi
pas photo;
a. Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri;
b. Daftar Riwayat Hidup Singkat;
c. Foto copy Ijazah Asli (S1/S2) (dengan menunjukkan ijazah asli) dan untuk
lulusan Perguruan Tinggi Swasta Status Diakui dan Terdaftar harus melampirkan foto copy Ijazah Asli Ujian Negara (Tanda Lulus Sementara/Surat Keterangan Lulus Tidak Berlaku). Baik S1 maupun S2 kesarjanaan harus mendapat akreditasi dari Departemen Pendidikan Nasional dengan ketentuan ijazah Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2) yang dimiliki sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan (dengan menunjukkan transkrip asli);
d. Khusus untuk Sarjana Akuntan (beregister) , melampirkan foto copy
sertifikat Akuntan (dengan menunjukkan sertifikat Akuntan asli);
e. Foto copy transkrip yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
(dengan menunjukkan transkip asli);
f. Pas Photo terbaru hitam putih ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar;
g. Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku (dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk asli);
h. Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 (blanko Surat Pernyataan dapat di download dan dicetak dari website ini). Semua dokumen agar dimasukkan ke dalam stofmap.

4. Apabila semua persyaratan telah dipenuhi maka pelamar akan memperoleh Tanda Peserta Ujian (TPU). Apabila persyaratan tersebut tidak terpenuhi maka pelamar dinyatakan tidak dapat memperoleh TPU.